DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM
Pada Sidang Dewan Hisbah Lengkap
Di Gedung Haji Qanul Manazil,
Ciganitri Bandung
Tentang:
" SALAT JAMA' QASAR MAGRIB DAN
ISYA DI ARAFAH TANGGAL 10 DZULHIJJAH"
بسم الله
الرحمن الرحيم
Dewan Hisbah Persatuan Islam setelah:
MENGINGAT :
Hadits Nabi SAW :
فَأَجَازَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ
فَنَزَلَ بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ فَرُحِلَتْ
لَهُ فَأَتَى بَطْنَ الْوَادِى فَخَطَبَ النَّاسَ .....ثُمَّ أَذَّنَ ثُمَّ
أَقَامَ فَصَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الْعَصْرَ وَلَمْ يُصَلِّ
بَيْنَهُمَا شَيْئًا ثُمَّ رَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- حَتَّى
أَتَى الْمَوْقِفَ فَجَعَلَ بَطْنَ نَاقَتِهِ الْقَصْوَاءِ إِلَى الصَّخَرَاتِ
وَجَعَلَ حَبْلَ الْمُشَاةِ بَيْنَ يَدَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ فَلَمْ
يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى غَرَبَتِ الشَّمْسُ
"Lalu Rasulullah saw. melewati
hingga sampai di Arafah, kemudian beliau mendapati tenda yang telah dibuat
baginya di Namirah, lalu beliau singgah di sana, ketika matahari tergelincir,
beliau menyuruh membawa kendaraannya, lalu ditunggangi menuju ke pusat lembah
tersebut, kemudian beliau berkhutbah, .... kemudian dikumandangkan adzan lalu
iqamah, kemudian beliau salat Dzuhur kemudian iqamah, lalu beliau salat Ashar,
dan tidak ada salat apapun di antara keduanya, kemudian Rasulullah SAW naik
(kendaraannya) berangkat menuju tempat wukuf, lalu beliau menderumkan perut
unta Qashwa itu pada batu besar dan tali jalannya di hadapaannya, lalu beliau
menghadap kiblat, beliau tidak henti-hentinya wukuf sampai terbenam
matahari". H.r. Muslim
حَتَّى أَتَى
الْمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ بِأَذَانٍ وَاحِدٍ
وَإِقَامَتَيْنِ وَلَمْ يُسَبِّحْ بَيْنَهُمَا شَيْئًا ثُمَّ اضْطَجَعَ رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- حَتَّى طَلَعَ الْفَجْرُ وَصَلَّى الْفَجْرَ
" Hingga sampai di Muzdalifah,
lalu beliau salat Magrib dan Isya dengan satu kali adzan dan dua kali iqamah,
beliau tidak melakukan salat apapun diantara keduanya, kemudian Rasulullah SAW
berbaring sampai terbit fajar, lalu beliau melaksanakan salat Subuh. H.r. Muslim
عَنِ ابْنِ
شِهَابٍ أَنَّ عُبَيْدَ اللَّهِ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَخْبَرَهُ أَنَّ
أَبَاهُ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ الْمَغْرِبِ
وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ لَيْسَ بَيْنَهُمَا سَجْدَةٌ وَصَلَّى الْمَغْرِبَ ثَلاَثَ
رَكَعَاتٍ وَصَلَّى الْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ.
"Dari Ibnu Syihab sesungguhnya
Ubaidillah bin Abdullah bin Umar mengabarkan kepadanya bahwa sesungguhnya
ayahnya berkata, Rasulullah SAW menjama antara Magrib dan Isya di Muzdalifah,
tidak ada salat apapun diantara keduanya, beliau salat Magrib tiga rakaat
kemudian salat Isya dua rakaat.” (H.R. Muslim)
عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ يَعْمَرَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ
سَلَّمَ اَلْحَجُّ عَرَفَاتٌ اَلْحَجُّ عَرَفَاتٌ اَلْحَجُّ عَرَفَاتٌ أَيَّامُ
مِنًى ثَلاَثٌ { فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلاَ إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ
تَأَخَّرَ فَلاَ إِثْمَ عَلَيْهِ } وَمَنْ أَدْرَكَ عَرَفَةَ قَبْلَ أَنْ يَطْلُعَ
اْلفَجْرُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْحَجَّ رواه الترمذي
"Dari Abdurrahman bin Ya'mar,
ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, Haji itu Arafah, Haji itu Arafah, Haji itu
Arafah, Ayyamu Mina itu tiga hari ( Siapa yang bersegera pada dua hari, maka
tidak mengapa, dan siapa yang mengakhirkannya maka tidak ada dosa padanya) dan
siapa yang mendapati Arafah sebelum terbit fajar maka sungguh ia telah mendapat
haji". (H.R. At Tirmidzi)
عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ يَعْمَرَ الدِّيلِىِّ قَالَ أَتَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه
وسلم- وَهُوَ بِعَرَفَةَ فَجَاءَ نَاسٌ - أَوْ نَفَرٌ - مِنْ أَهْلِ نَجْدٍ
فَأَمَرُوا رَجُلاً فَنَادَى رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَيْفَ
الْحَجُّ فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَجُلاً فَنَادَى « الْحَجُّ
الْحَجُّ يَوْمُ عَرَفَةَ مَنْ جَاءَ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ لَيْلَةِ
جَمْعٍ فَتَمَّ حَجُّهُ أبو داود
"Dari Abdurrahman bin Ya'mar Al
Dili, ia berkata, Saya datang menghadap Nabi SAW, sedang beliau berada di
Arafah, lalu datang sekelompok dari Nejed, kemudian mereka menyuruh seseorang,
lalu bertanya kepada Rasulullah SAW bagaimana haji itu, kemudian Rasulullah
mengutus seseorang lalu mengumandangkan haji itu, haji itu adalah mendapatkan
wukuf pada hari Arafah, siapa yang datang sebelum Subuh dari malam Muzdalifah
maka sempurna hajinya".(H.R. Abu Daud)
وفي رواية
أبي داود من جاء قبل صلاة الصبح من ليلة جمع فتم حجة ( فقد أدرك الحج ) فيه رد على
من زعم أن الوقوف يفوت بغروب الشمس يوم عرفة ومن زعم أن وقته يمتد إلى ما بعد
الفجر إلى طلوع الشمس
"Pada riwayat Abu Daud, 'Siapa
yang datang sebelum Salat Subuh dari malam Muzdalifah maka sempurna hajinya
(sungguh mendapatkan haji) hal ini menjadi bantahan terhadap orang yang
beranggapan bahwasanya wukuf itu selesai dengan terbenamnya matahari pada hari
Arafah dan orang yang beranggapan bahwa waktu wukuf diperpanjang setelah fajar
sampai terbit matahari" Tuhfatul Ahwadzi, juz 8:254
MEMPERHATIKAN :
- Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah KH.Usman Sholehuddin
- Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP Persis Prof. Dr. KH. M. Abdurrahman, MA.
- Makalah dan pembahasan yang disampaikan oleh: KH. Drs. Uus Muhammad Ruhiyat.
- Pembahasan dan penilaian dari anggota Dewan Hisbah terhadap masalah tersebut di atas.
MENIMBANG:
- Pelaksanaan manasik haji harus sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
- Pelaksanaan ibadah haji terdiri dari rukun, wajib dan sunnat.
- Rasulullah SAW melaksanakan shalat magrib dan isya pada malam tanggal 10 Dzul hijjah di Muzdalifah dengan cara jama takhir dan qasar.
- Pada pelaksanaannya sering kali dihadapkan pada kendala.
- Shalat magrib dan isya pada malam 10 Dzulhijjah di Arafah, sering terjadi.
- Melaksanakan ibadah haji harus diupayakan secara maksimal agar rukun, wajib dan sunnatnya dapat terpenuhi.
- Perlu kejelasan hukum mengenai salat jama' qasar magrib dan isya di arafah tanggal 10 dzulhijjah.
Dengan demikian Dewan Hisbah
Persatuan Islam
MENGISTINBATH :
- Salat jama' ta'khir dan qasar Magrib dan Isya pada tanggal 10 Dzul Hijjah lebih utama dilakukan di Muzdalifah.
- Salat Magrib dan Isya dijama' ta'khir dan qasar pada tanggal 10 Dzul Hijjah di Arafah karena kendala teknis shalat dan hajinya sah.
Demikian keputusan Dewan Hisbah
mengenai masalah tersebut dengan makalah terlampir.
الله يأخذ
بأيدينا الى ما فيه خير للإسلام و المسلمين
Bandung, 26 Rabi'ul Awwal 1433 H
19 Februari 2012 M
DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM
Ketua Sekretaris
KH. USMAN SHOLEHUDDIN KH. ZAE NANDANG
NIAT: 05536 NIAT:
13511
Tidak ada komentar:
Posting Komentar